Keahlian dan Skill untuk Mahasiswa Lulusan Spesialis Obstetri dan Ginekologi 

Keahlian dan Skill untuk Mahasiswa Lulusan Spesialis Obstetri dan Ginekologi 

Keahlian dan Skill untuk Mahasiswa Lulusan Spesialis Obstetri dan Ginekologi  –  Kemajuan ilmu pengetahuan dan juga teknologi kedokteran di bidang ilmu obstetri dan ginekologi adalah salah satu jawaban terhadap perkembangan masalah penyakit reproduksi wanita, persalinan, kehamilan, kompleksitas dan juga kerja sama interpersonal dalam menangani masalah reproduksi wanita, sudah menghasilkan pendalaman ilmu serta teknologi obstetri dan ginekologi, sehingga berkembanglah profesi dokter subspesialis ini. Meskipun ada di dalam satu spesialisasi, namun Obstetrisian dan Ginekolog mempunyai makna dan peran yang berbeda. Obstetri merupakan cabang ilmu ked0kteran yang secara khusus mempelajari tentang kehamilan dan juga persalinan. Sedangkan untuk ginekolog merupakan cabang ilmu kedokteran yang secara khusus mempelajari tentang masalah sistem reproduksi wanita.

Biasanya, dokter spesialis obstetri dan ginekologi kerap disebut dengan dokter obgyn atau dokter kandungan. Dokter spesialis ini tidak hanya sekadar memeriksa dan mengatasi gangguan yang terjadi pada masa kehamilan saja, namun juga seputar kesehatan organ reproduksi wanita. Selain itu, transisi epidemiologi, sosio-ekonomi, dan juga sistem kesehatan dengan perkembangan serta jangkauan berbagai macam klasifikasi rumah sakit juga sudah menjadikan tuntutan masyarakat atas pelayanan yang berteknologi tinggi dan juga berkualitas sebagaimana bisa dilaksanakan melalui pelayanan sub spesialisasi obstetri dan ginekologi.

Keahlian Jurusan Sub Spesialis Obstetri dan Ginekologi

✓ Kemampuan melakukan observasi
✓ Kemampuan melakukan analisis
✓ Kemampuan berpikir kritis dan terstruktur
✓ Kemampuan problem solving
✓ Keterampilan komunikasi
✓ Detil, Teliti, Tekun

3 Universitas Jurusan Sub Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Sub Spesialis Obstetri dan Ginekologi di Indonesia:

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Padjadjaran
  3. Universitas Indonesia

Prospek Kerja Jurusan Sub Spesialis Obstetri dan Ginekologi

DOKTER KANDUNGAN DAN GINEKOLOGI

Bertugas untuk memberikan perawatan medis yang berhubungan dengan kehamilan atau melahirkan. Mendiagnosa, mengobati, dan membantu mencegah penyakit perempuan, terutama yang mempengaruhi sistem reproduksi.

ASISTEN DOKTER

Bertugas untuk memberikan pelayanan kesehatan yang biasanya dilakukan oleh dokter, di bawah pengawasan dari dokter tersebut. Melakukan pemeriksaan fisik lengkap, memberikan pengobatan, dan nasihat kepada pasien.

PENGOBATAN PREVENTIF

Bertugas untuk menerapkan pengetahuan umum kedokteran tentang pencegahan dan masalah kesehatan masyarakat untuk mempromosikan kesehatan untuk kelompok atau individu, dan bantuan dalam melakukan pencegahan atau pengurangan risiko terhadap penyakit, cedera, cacat, atau kematian.