Alasan Penting Kamu Wajib Memilih Jurusan Ekonomi

Alasan Penting Kamu Wajib Memilih Jurusan Ekonomi

Alasan Penting Kamu Wajib Memilih Jurusan Ekonomi – Kamu juga akan belajar tentang ilmu pedagogi yang mencakup komponen khusus untuk menjadi seorang guru, seperti misalnya metodologi pengajaran dan teknik evaluasi. Jurusan Pendidikan Ekonomi adalah program studi yang mempersiapkan para lulusannya untuk menjadi tenaga pengajar di bidang ekonomi. Biasanya, mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari tentang berbagai ilmu ekonomi rolet yang sama dengan mahasiswa yang ada di jurusan ekonomi lainnya seperti misalnya ekonomi mikro dan makro, keuangan, perdagangan internasional, akuntansi, dan lainnya. Perlu diketahui bahwa Jurusan Pendidikan Ekonomi ini bisa memberikan peluang kerja yang luas di bidang keuangan, manajemen, riset pasar, analisis ekonomi, dan juga perencanaan kebijakan. Jurusan Pendidikan Ekonomi akan memberikan pemahaman mengenai bagaimana ekonomi global dan nasional bekerja serta bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi individu dan perusahaan.

1. Penting Bagi Kehidupan

Sudah menjadi rahasia umum jika jurusan ekonomi sangat memegang peranan penting. Hal ini karena setiap aspek kehidupan digerakkan oleh yang namanya ekonomi. Tanpa berjalannya ekonomi maka semua hal akan terganggu. Dengan masuk di jurusan Ekonomi Syariah maka kamu akan mengambil peranan penting dalam masyarakat dengan tata cara Islam.

2. Tren Ekonomi Syariah yang Semakin Berkembang

Sadar atau tidak, belakangan ini, perkembangan ekonomi dan keuangan yang berlandaskan syariah Islam semakin berkembang. Terutama di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Ini membuat jurusan ekonomi syariah menjadi jurusan yang cukup menjanjikan dan banyak dibutuhkan.

3. Mempelajari Dua Ilmu Penting Sekaligus

Dalam jurusan ekonomi syariah, kamu tidak hanya akan mendapatkan materi mengenai ilmu ekonomi saja, tetapi juga ilmu yang berkaitan dengan agama Islam. Sehingga, di jurusan ini kamu akan mempelajari kedua ilmu tersebut sekaligus. Menarik bukan?

4. Peluang Kerja yang Luas

Sama seperti jurusan ekonomi lainnya, peluang kerja bagi para lulusan jurusan ekonomi syariah juga sangat luas. Kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan atau lembaga, mulai dari lembaga perbankan, kantor perpajakan, ataupun perusahaan-perusahaan lainnya.

Universitas Terbaik Jurusan Pendidikan Ekonomi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Pendidikan Ekonomi di Indonesia :

  1. Universitas Negeri Semarang
  2. Universitas Negeri Padang
  3. Universitas Negeri Yogyakarta
  4. Universitas Jenderal Soedirman
  5. Universitas Pendidikan Indonesia

Keahlian Jurusan Pendidikan Ekonomi

✓ Kemampuan analisis
✓ Kemampuan komunikasi
✓ Kemampuan logika dan matematika dasar
✓ Kemampuan deskripsi
✓ Kemampuan meneliti
✓ Kemampuan berpikir logis dan terstruktur

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

Karyawan Perbankan Syariah

Prospek kerja pertama untuk lulusan jurusan Ekonomi Syariah adalah sebagai karyawan slot 777 perbankan. Posisi ini akan selalu menjadi pilihan bagi para lulusan fakultas ekonomi, termasuk untuk lulusan jurusan ekonomi syariah. Apalagi, saat ini sudah banyak bank yang mulai menerapkan hukum syariah sebagai kebijakan baru.

Konsultan Bisnis

Berkembangnya perekonomian Islam mengisyaratkan aturan bisnis syariah yang juga ikut naik daun. Dengan bekal ilmu yang kamu dapat di bangku kuliah, kamu dapat berprofesi sebagai konsultan bisnis, khususnya yang bersangkutan dengan hukum keuangan Islam. Ini juga menjadi prospek kerja dari jurusan ekonomi syariah.

Pegawai Pajak

Prospek karir jurusan ekonomi syariah selanjutnya adalah menjadi pegawai pajak. Tugas yang akan dijalankan ketika menjadi pegawai pajak cukup beragam. Mulai dari menghitung pajak, hingga melakukan audit finansial terhadap perusahaan secara menyeluruh.

Namun, angka persaingan untuk pekerjaan ini cukup tinggi. Sehingga kamu perlu memantapkan ilmu dan banyak berlatih bila kamu ingin bekerja sebagai pegawai pajak.

Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan biasanya bertugas menyiapkan dan menerbitkan tanda terima, setoran, pesanan pembelian, faktur, pengembalian uang, dan tugas pembukuan standar lainnya. Selain itu, profesi ini juga biasanya bertugas untuk mengelola piutang dan hutang, serta mempersiapkan, melacak, dan merekonsiliasi buku besar dan anggaran.

Tenaga Pengajar

Untuk kamu lulusan jurusan ekonomi syariah yang memiliki passion dan kemampuan menjadi pengajar, bisa memilih profesi tenaga pengajar. Kamu bisa memilih menjadi guru ekonomi di sekolahan, menjadi tutor untuk mata pelajaran ekonomi di lembaga bimbingan belajar. Bahkan kamu bisa menjadi dosen setelah menyelesaikan gelar S2.